Peneliti: Covid-19 Bisa Sebabkan Perubahan Mental

- 15 Juli 2020, 09:51 WIB
Ilustrasi Peneliti //Pixabay

PR BANJAR - Covid-19 atau virus corona yang saat ini masih melanda telah memberikan dampak terhadap kehidupan manusia.

Beberapa sektor dalam kehidupan manusia yang terganggu akibat virus corona ini meliputi kesehatan, ekonomi bahkan hingga psikologis.

Terbaru, sejumlah peneliti mengungkap fakta baru bahwa virus corona atau Covid-19 pada sejumlah kasus pasien kritis dapat merusak otak dan menyebabkan berbagai penyakit komplikasi seperti stroke, peradangan, psikosis, dan gejala mirip demensia.

Penemuan tersebut merupakan hasil dari penelitian kepada pasien yang dirawat di salah satu rumah sakit akibat penyakit tersebut.

Sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-bekasi.com pada artikel yang berjudul Peneliti Temukan Fakta Terbaru, Virus Corona Bisa Sebabkan Kerusakan Otak dan Perubahan Mental, temuan terbaru ini merupakan salah satu hasil studi awal yang dilakukan oleh beberapa lembaga dan universitas terhadap sejumlah pasien Covid-19.

Hasil penemuan ini juga menjadi temuan pertama yang memberikan gambaran lengkap mengenai pengaruh dari pandemi Covid-19 terhadap sistem saraf.

loading...

Para peneliti pun menggarisbawahi perlu adanya penelitian yang lebih besar untuk menemukan mekanisme dan pencarian cara untuk melakukan perawatan kepada pasien Covid-19.

"Ini adalah gambaran penting dari komplikasi Covid-19 terkait otak pada pasien yang dirawat di rumah sakit. Sangat penting bagi kami untuk terus mengumpulkan informasi ini untuk benar-benar memahami virus ini sepenuhnya," kata Sarah Pett, seorang profesor di University College London, Inggris.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Psychiatry pada Kamis 25 Juni 2020 ini melihat secara rinci pada 125 kasus dari seluruh Inggris.

Sementara itu, peneliti utama Benedict Michael dari Liverpool University mengatakan sangat penting untuk dicatat bahwa hal itu berfokus pada kasus yang dalam kondisi kritis atau memiliki gejala yang parah.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X