Tips Agar Tidak Tertular dengan Pasien Virus Corona dalam Satu Rumah

- 15 Juli 2020, 10:07 WIB
Ilustrasi virus corona. /Pixabay/

PR BANJAR - Covid-19 atau virus corona hingga saat ini masih melanda mayoritas wilayah Indonesia.

Di kawasan Asia Tenggara, hanya Indonesia dan Filipina yang saat ini masih dilanda virus corona.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa jika terdapat anggota keluarga yang terinfeksi virus corona dan harus melakukan isolasi diri di rumah, pihak Dinkes menyarankan agar tidak panik.

Baca Juga: Peneliti: Covid-19 Bisa Sebabkan Perubahan Mental

"Tetap tenang, jangan khawatir kalau ada (anggota keluarga) yang positif Covid-19, yang penting pasien tersebut tetap keep contact dengan rumah sakit atau puskesmas di wilayah tinggalnya," ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-bekasi.com pada artikel yang berjudul Jangan Panik Jika Serumah dengan Pasien Virus Corona, Simak Tips Agar Tak Ikut Tertular.

Orang-orang di rumah harus mengenakan masker dan sebaiknya masker bedah terutama bagi ada anggota keluarga pasien yang tinggal serumah berusia 50 tahun ke atas.

loading...

"Yang bagus sebenarnya masker bedah apalagi kalau (Anda) sudah berusia 50 tahun. Kalau seandainya tidak ada, masker kain ok," tutur Ngabila.

Hal yang tak kalah penting, melakukan tes swab untuk mengetahui ada atau tidak ada gejala pada diri Anda.

"Orang di rumah baik ada gejala atau tidak ada gejala di tes swab sehingga tahu apakah tertular atau tidak. Lalu melakukan isolasi mandiri, dilakukan evaluasi pengobatan tes swab ulang apakah sudah sembuh atau belum," kata Ngabila.

Anda diupayakan tidak menggunakan kamar mandi yang sama dengan pasien karena salah satu tempat penularan virus corona di toilet, khususnya kloset.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X