Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara, Berikut Panduan Pencegahan Terbaru dari WHO

- 15 Juli 2020, 11:01 WIB
ILUSTRASI udara yang mengalir lewat kipas angin.* /pixabay

PR BANJAR - Beberapa waktu lalu sejumlah ilmuwan dunia menemukan pola penularan baru pada virus corona atau Covid-19.

Usai mendapatkan temuan baru tersebut, para ilmuwan berhasil mendesak World Health Organization (WHO) untuk memberikan panduan pencegahan penularan terbaru.

Sejak laporan pertama mengenai wabah berbahaya ditemukan di Tiongkok dan disebut menyebar melalui droplet manusia akibat adanya kontak fisik dalam jarak dekat, kini WHO mengungkapkan bahwa penularan virus corona melalui udara sangat mungkin terjadi.

Baca Juga: Usai Resmi Diumumkan, 4 Prodi Berhasil Tempati Urutan Teratas pada SBMPN 2020

Namun masyarakat tidak perlu panik melainkan tetap waspada karena penularan melalui udara hanya bisa terjadi jika kondisi ruangan penuh sesak tanpa memiliki sirkulasi yang baik.

WHO menyebut tempat-tempat umum seperti restoran, pusat kebugaran, klub-klub malam hingga kantor sangat rentan terhadap penularan virus corona melalui udara jika sirkulasi udara tidak dijaga dengan baik.

loading...

WHO juga mengatakan meski kasus tersebut jarang ditemukan, langkah pencegahan harus diterapkan sejak dini, sementara di sisi lain para ilmuwan terus mengkaji lebih lanjut mengenai trasmisi melalui udara itu.

Baca Juga: Dinilai Berbahaya, Berikut Daftar Aplikasi yang Dihapus oleh Google Play Store

Ahli epidemiologi penyakit menular yang bekerja di WHO Marie Van Kerkhove membeberkan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya transmisi virus corona melalui udara sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-karawang.com pada artikel yang berjudul Transmisi Virus Corona Melalui Udara Bisa Terjadi, Simak Upaya Pencegahan yang Direkomendasikan WHO:

Cara sederhana menjaga sirkulasi di ruangan tertutup yakni dengan membuka jendela terutama di pagi hingga sore hari agar mendapatkan udara yang baik. Udara di dalam ruangan harus tetap terjaga agar terus mengalir dari luar ke dalam, begitu juga sebaliknya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Karawang


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X