Resmi Dimusnahkan oleh Kementan, Berikut Bahaya Jamur Enoki

- 15 Juli 2020, 11:59 WIB
JAMUR enoki yang diimpor dari Korea Selatan ke Amerika Serikat mengakibatkan 32 orang dilarikan ke rumah sakit dan 6 orang meninggal dunia akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria pada jamur enoki.* /CBC News/

PR BANJAR - Indonesia dianugerahi oleh kekayaan alam yang melimpah.

Sebagai negara tropis, Indonesia dapat ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan ternmasuk Jamur Enoki.

Flamulina velutipes atau jamur enoki masuk dalam kategori jamur pangan atau biasa disebut edible mushrooms yang terkenal dengan cita rasanya yang sangat lezat.

Baca Juga: AC Dinilai Mempercepat Penyebaran Virus Corona, Ahli Angkat Bicara

Layaknya jamur jenis lain, jamur enoki juga kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jamur enoki mengandung senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai senyawa antitumor, antikanker, antihipertensi, antikolesterol, dan bersifat imunomodulator.

Jamur enoki biasanya dihidangkan sebagai campuran sayur pada makanan oriental seperti shabu-shabu, tempura, dan sukiyaki.

loading...

Namun akhir-akhir ini, sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan Kanada mencatat terjadinya kejadian luar biasa yang disebabkan oleh jamur enoki.

Baca Juga: Tak Ingin Kalah dalam Pengembangan Mobil Listrik, Ini Keunggulan Changli Nemeca

Jamur yang berasal dari Korea Selatan itu dilaporkan tercemar bakteri listeria monocytogeneses sehingga mengakibatkan adanya kondisi serius di tiga negara tersebut pada periode Maret hingga April 2020.

Sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-bekasi.com pada artikel yang berjudul Dimusnahkan Kementan, Kenali Bahaya Jamur Enoki dan Kandungan Bakteri Listeria yang Mencemarinya peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Iwan Saskiawan mengatakan kejadian luar biasa yang terjadi di Amerika Serikat, Australia, dan Kanada disebabkan oleh adanya kontaminasi bakteri listeria monocytogenes saat proses pengemasan jamur enoki atau kemungkinan lainnya kontaminasi terjadi saat disimpan sebelum dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X