Kerap Cemas saat Terima Informasi Soal Covid-19, Ini Kata Dokter Psikomatik

- 15 Juli 2020, 12:10 WIB
ILUSTRASI kecemasan.* /pixabay/

PR BANJAR - Jumlah kasus virus corona atau Covid-19 hingga saat ini terus menunjukan peningkatannya.

Di tengah segala keterbatasan kondisi akibat virus corona, sejumlah orang kerap mengalami rasa cemas saat menerima informasi soal Covid-19.

Di tengah pemberitaan kasus terkonfirmasi positif virus corona, tak jarang masyarakat merasa khawatir bahkan sempat merasakan adanya gejala-gejala yang mirip sehingga timbul pemikiran bahwa dirinya kemungkinan terpapar virus berbahaya tersebut.

Baca Juga: Resmi Dimusnahkan oleh Kementan, Berikut Bahaya Jamur Enoki

Namun gejala-gejala tersebut bisa merupakan gejala palsu atau kerap disebut psikosomatik yang diakibatkan oleh kecemasan berlebih yang membuat seseorang merasa stres.

Dokter Rudi Putranto dalam konferensi pers hari ini di Graha BNPB mengatakan gejala mirip virus corona yang timbul akibat kecemasan berlebih bisa hilang dengan sendirinya jika orang yang bersangkutan merelaksasi tubuh dan pikirannya.

loading...

"Kalau ini reaksi tubuh dan kita dapat menyadari itu, istirahat sebentar dan relaksasi maka reaksi tersebut akan hilang," tutur Rudi sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-bekasi.com pada artikel yang berjudul Cemas Berlebih Akibat Terima Informasi Virus Corona, Dokter Psikosomatik Berikan Saran.

Baca Juga: AC Dinilai Mempercepat Penyebaran Virus Corona, Ahli Angkat Bicara

Dokter yang berasal dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu menjelaskan bahwa gejala psikosomatis merupakan perubahan psikologis yang dapat memengaruhi kondisi fisik jika tubuh tak mampu beradaptasi dengan baik.

Gangguan psikosomatik tersebut bisa terjadi baik kepada orang sehat kemudian merasa dirinya sakit atau orang yang sedang mengalami sakit ringan bahkan penderita hipertensi dan diabetes juga bisa turut merasakannya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X