Dinilai Berbahaya, Berikut Daftar Aplikasi yang Dihapus oleh Google Play Store

- 15 Juli 2020, 10:41 WIB
Ilustrasi by Lufthi Anggraeni, Google telah menghapus 36 aplikasi berbahaya dari Play Store /Lufthi Anggraeni/

PR BANJAR - Informasi dan teknologi saat ini terus mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Khususnya pada bidang alat komunikasi yang terus mengembangkan teknologinya setiap waktu.

Pada pertengahan bulan Juni lalu, Google secara resmi menghapus lebih dari 50 aplikasi yang selama ini hadir di Play Store. Penyebabnya, aplikasi tersebut cukup mengganggu kenyamanan pengguna dengan terus menerus menampilkan iklan hampir di setiap menit.

Baca Juga: Berikan Manfaat Baik Bagi Kesehatan, Berikut Cara Bernapas dengan Benar

Kini Google kembali menghapus sebanyak 25 aplikasi yang dinilai berbahaya akibat tertangkap basah mencuri informasi kredensial para pengguna Facebook termasuk di dalamnya username dan password.

Sebagaimana diberitakan oleh pikranrakyat-karawang.com pada artikel yang berjudul Berikut 25 Aplikasi Berbahaya yang Resmi Dihapus Google dari Play Store, Bisa Retas Data Pribadi, perusahaan cyber security asal Prancis, Evina, mengungkapkan bahwa 25 aplikasi tersebut memuat kode berbahaya digunakan untuk mendeteksi aplikasi yang sedang diakses oleh pengguna.

loading...

Kemudian kode berbahaya itu akan menampilkan jendela di depan aplikasi resmi yang sedang diakses tanpa disadari pengguna dan membuat halaman log in palsu.

Baca Juga: Sederet Manfaat Tidur dengan Posisi ke Kanan Bagi Kesehatan

Jika pengguna mencoba log in, maka data yang dimasukkan akan tersimpan dalam sebuah server yang dikelola oknum tak bertanggung jawab.

"Aksi kode berbahaya ini merupakan teknik penipuan yang menyadarkan pengguna media sosial meningkatkan kewaspadaan khususnya mengenai data pribadi. Contohnya pada Facebook, mereka tidak dapat mengindentifikasi kode tersebut karena mulanya malware menampilkan halaman aplikasi resmi," tutur Direktur Evina Lionel Ferri.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Karawang


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Haloyouth

Tips Menanam Kaktus dengan Mudah

4 Agustus 2020, 23:23 WIB
X